Apa sih yang pertama kali terbayang ketika mendengar kata “Solo”? | Kesan tentang Solo

Posted on Updated on


banner

 Apa sih yang pertama kali terbayang di pikiran kalian waktu mendengar kata “Solo”? Akankan kalian terpikir lagu ciptaan Gesang “Bengawan Solo”, atau mungkin terpikir seorang “Putri Solo” yang lemah gemulai, atau malah teringat akan sosok Bapak Jokowi yang hangat dan ramah. Pasti kalian punya pemikiran berbeda tentang apa itu “Solo”, tapi kalau kalian tanya aku apa yang pertama kali aku pikirkan ketika mendengar kata “Solo”. Kata pertama yang langsung aku pikirkan adalah “Menakjubkan”. Pasti kalian akan bertanya tanya dan heran kan kenapa aku menjawab seperti itu. Aku juga masih heran sih, padahal baru 3 bulan aku berada di kota kecil ini, tapi bisa bisanya aku menjawab seperti itu. Mungkin aku akan menceritakan kesan ku tentang Kota Solo ini, agar kalian mengerti apa hubungannya

Selamat datang di Kota Solo
Selamat datang di Kota Solo

Tulisan ini bermula saat aku hanyalah seorang anak SMA yang tinggal di Jakarta, waktu itu aku sangat bingung mau melanjutkan kuliah dimana.Aku pun sudah jenuh kalo melanjutkan kuliah di Jakarta.Aku memutuskan untuk kuliah di luar kota.Tapi dimana ya? Lalu aku teringat bahwa almarhum ayahku adalah orang Solo, dan di Solo ada Universitas Sebelas Maret yang ternama itu. Dan ternyata ini adalah pilihan yang tepat, ternyata aku mendapatkan Jalur Undangan di Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret
Universitas Sebelas Maret

Pertama kalinya aku mengunjungi kota Solo adalah ketika akan mengurus pendaftaran mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret .Ada kejadian yang membuatku kagum akan Solo. Waktu itu aku dan keluargaku kebingungan mencari lokasi Universitas Sebelas Maret di daerah Kentingan. Maklum, kami masih sangat awam tentang Solo pada saati itu. Tapi untunglah kami menemukan polisi lalu lintas yang sedang bertugas,kami pun menanyakan arah padanya. Ada sesuatu hal yang berbeda yang saya temukan pada Pak Polisi tersebut, yaitu suatu kehangatan akan ramah tamah dalam tutur katanya. Walaupun dia sedang bertugas mengatur lalu lintas, tetapi dia tetap melayani kami dengan penuh senyuman. Sejenak aku terpikir,”Apakah semua orang Solo seramah Pak Polisi ini?” Lalu aku teringat akan sosok Pak Jokowi, aku pernah sekali bertemu dengannya di suatu event di Jakarta. Orangnya sungguh hangat dan ramah, mirip sekali dengan Pak Polisi tersebut. Ramah nya Kota Solo pun tidak berhenti sampai disitu saja, waktu aku pertama kali masuk Universitas Sebelas Maret, aku disambut dengan hangat oleh Kakak Angkatan berjaket Biru Muda. Padahal sebelumnya aku berpikiran bahwa Kakak Angkatan itu suka menindas adik kelas, dan mempunyai ego kalau mereka penguasa. Tapi itu sangat bertolak belakang disini, keramahan dan kehangatan mereka membuatku merasa  nyaman di kota ini. Kesan pertama itu membuatku berpikir bahwa pilihanku untuk menuntut ilmu di kota ini adalah pilihan yang paling tepat.

Tak terasa sekarang sudah 3 bulan menjadi anak kost di Solo,faktanya anak kost itu menyukai sesuatu yang murah. Aku sangat menyukai Solo karena biaya hidup disini tidak terlalu mahal.Selain biaya hidupnya yang murah, ada 2 hal MURAH yang saya kagumi dari Solo, yaitu mereka MURAH Senyum dan MURAH Hati. Setiap aku berpapasan dengan orang disini, pasti ada senyuman yang diberikan di wajah mereka. Senyuman hangat yang membekas di hati, dan tidak tega rasanya jika tidak memberikan senyuman balik. Sepertinya senyuman sudah menjadi sesuatu yang menular di Solo, dan sulit akan dihilangkan.

Aaah, tak terasa daritadi aku hanya menceritakan betapa kagumnya aku kagum dengan Wong Solo, sampai aku terlupa untuk menceritakan betapa kagumnya akan Kota Solo itu sendiri. Kota Solo mempunyai tata kota yang sungguh menarik perhatiaan, nuansa kota modern bercampur dengan nuansa tradisional yang menghangatkan.Hal ini bisa kita lihat bahwa walaupun di Solo terdapat banyak gedung gedung tinggi, dan apartemen serta mall lifestyle nya, tetapi kita masih bisa menemui megahnya Keraton Kesunanan Surakarta, kokohnya Benteng Vastenburg, dan kadang kadang kita masih bisa melihat Kereta Uap Jaladara berkeliling menyusuri kota.

Megahnya Keraton Kesunanan Surakarta
Megahnya Keraton Kesunanan Surakarta
Kokohnya Benteng Vastenburg
Kokohnya Benteng Vastenburg
Kereta Uap Jaladara
Kereta Uap Jaladara

Selain itu kita juga akan sering mendengar indahnya musik gamelan di kota ini, dan terkadang kita juga akan mendengar semangat riuhnya alat music rock. Ya benar sekali, di Solo banyak sekali acara acara menarik, mulai dari yang tradisional maupun modern. Mulai dari pergelaran music gamelan, sampai festival rock and roll, mulai dari komedi tradisional “Ketoprak”, sampai komedi modern”Stand Up Comedy”. Eits kalo ke Solo jangan lupa juga mencicipi makanan khas Solo, kota Solo dipenuhi oleh makanan khas yang enak. Mulai dari Sop Tengkleng, Nasi Liwet, Pecel Ndeso, Selat Solo, Nasi Kucing maupun Sate Kere.

Pagelaran Ketoprak di Balekambang
Pagelaran Ketoprak di Balekambang
Tengkleng khas Solo
Tengkleng khas Solo
Nasi Liwet
Nasi Liwet

Terlalu banyak hal yang menabjubkan di Solo sehingga aku tak dapat menceritakannya disini, jika aku ceritakan semua hal menabjubkan di Solo melalui tulisan, bisa saja tulisan tersebut menjadi setebal buku telepon kuning, karena saking banyaknya. Lebih baik kamu merasakan saja sendiri bagaimana menabjubkannya Kota Solo. Nikmatilah dengan perlahan dan rasakan kehangatan dan ramahnya penduduknya, keragaman budayanya, keteraturan kotanya, dan semua yang ada di dalamnya. Hidup mu kurang lengkap, jika belum pernah datang ke Solo. Sempatkanlah dirimu berkunjung ke kota kecil dengan penduduk yang berhati besar ini ya, lalu kamu pasti akan tahu kenapa kata pertama yang aku pikirkan tentang Solo adalah “Menabjubkan”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s